Salam Akuntansi

            Apa kabar semuanya ? semoga sehat-sehat ya!

Berjumpa kembali dengan kami dari Kompartemen Media Informasi di Himatansi In Digital edisi keempat.

Dalam edisi keempat ini, Himatansi In Digital akan menerbitkan tema yang baru dan bermanfaat tentunya dengan mengusut tema  “AGENT OF CHANGE”. Sesuai dengan temanya “AGENT OF CHANGE” yang artinya ‘Agen Perubahan’. Redaksi sengaja menggunakan tema ini karena sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa berperan dalam perubahan menuju ke arah yang lebih baik dan akan memberi manfaat serta menjadi pengontrol untuk dirinya sendiri, teman-teman, orang-orang sekitarnya dan untuk negara. Disini kami memberikan ruang bacaan kepada teman-teman tentang bagaimana kita bisa menjadi Agent Of Change yang tentunya sebagai pembawa perubahan dimulai dari merubah kebiasan buruk kita, apalagi untuk mahasisa baru yang harus membuang kebiasaan yang buruk ketika masih duduk dibangku sekolah dan membawa perubahan yang baik ketika dibangku perkuliahan.

Selamat membaca.

Sebagai kaum intelektual, mahasiswa dipandang punya peran besar dalam mengubah tatanan sosial. Narasi yang berkembang selama ini menyebutkan bahwa mahasiswa merupakan Agent Of Change atau Agen Perubahan. Mahasiswa diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang mampu membuat perubahan-perubahan positif.

Peran besar ini selalu ditanamkan kepada mahasiswa bahkan sejak memasuki bangku perkuliahan. Mahasiswa diharapkan bisa menjalankan peran ini dengan baik. Mahasiswa dianggap memiliki akses yang lebih mudah terhadap ilmu pengetahuan. Dengan kemudahan tersebut mahasiswa dapat menambah wawasan. Mengasah kemampuan berpikir serta belajar mempertajam analisis terhadap sesuatu termasuk kondisi sosial.

Namun peran ini tentunya tak mudah. Nyatanya tak semua mahasiswa mampu mengemban peran-peran tersebut. Mahasiswa perlu terus belajar dan menambah pengetahuan agar bisa menjalankan perannya. Meskipun tidak mudah, sejauh ini contoh-contoh nyata mahasiswa sebagai agen perubahan membuktikan bahwa peran tersebut bisa dijalankan. Mahasiswa bisa menjadi agen perubahan.

Jadi, apakah kamu sudah menjalankan peran sebagai mahasiswa dengan peran Agent Of Change?

Untuk menjadi mahasiswa yang bernilai, kita tidak hanya bisa banyak berbicara. Namun, bicara kita bukanlah omong kosong harus ada isinya.

REVIEW EVENT

OMBUS JURUSAN AKUNTANSI 2021

Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Siliwangi (OMBUS) Jurusan Akuntansi merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga dimana program tersebut berisi tentang pengenalan dunia kampus dan sistem perkuliahan serta sebagai ajang pengembangan potensi diri bagi mahasiswa baru. Tema yang diambil untuk OMBUS Jurusan Akuntansi 2021 adalah RESWARA yang artinya Unggul, dengan tagline ‘Berpikir, Bertindak dan Mengubah Dunia’. Kita sebagai mahasiwa sudah seharusnya menjadi generasi yang unggul, kritis, aktif dan menjadi pembawa perubahan bagi lingkungan sekitar. Hal itu bisa dimulai dari berpikir hal-hal besar kemudian melakukan gebrakan yang berguna bagi masyarakat seperti yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sayangnya OMBUS tahun sekarang masih diadakan secara online karena pandemi Covid-19, tetapi itu tidak mengurangi esensi dari OMBUS sendiri. Pada kegiatan OMBUS ini, ada beberapa penugasan yang harus dikerjakan oleh mahasiwa baru, salahsatunya yaitu mahasiwa baru harus membuat vidio dengan menjelaskan mengenai makna kata RESWARA atau Unggul dan apa yang akan mahasiswa terapkan ketika memasuki dunia perkuliahan. Di OMBUS ini, mahasiwa diajarkan bagaimana cara disiplin, bagaimana kehidupan baru di dunia perkuliahan yang tentunya akan berbeda dengan masa bangku sekolah. Mahasiswa diajarkan untuk berpikir kritis dan aktif sehingga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih positif karna itu merupakan salahsatu bagaimana kita bisa menjadi Agent Of Change.

OMBUS Jurusan Akuntansi diadakan pada hari Sabtu, tanggal 14 Agustus 2021. Mahasiswa harus mengikuti rangkaian OMBUS dari awal yaitu dari OMBUS Universitas, kemudian ke OMBUS Fakultas dan baru ke OMBUS Jurusan. Ketika di OMBUS Jurusan, mahasiswa akan dikenalkan dengan kurikulum jurusan akuntansi, dosen-dosen di jurusan akuntansi, event dan komunitas yang ada di jurusan akuntansi. Kemudian nantinya mahasiswa akan mengetahui mengenai pembagian kelas dan wali dosennya.

Rangkaian acara OMBUS Jurusan Akuntansi 2021 seperti biasa dimulai dari penampilan HTAC, penyematan simbolik mahasiswa baru, kemudian ke opening ceremony. Mahasiswa baru akan mendapat informasi dan pengetahuan yang didapat dari materi tentang Etika Akademik Kehidupan Kampus, Paparan Implementasi Merdeka Belajar dan Materi dari Akuntan Ahli dan AM IAI (Anggota Muda Ikatan Akuntansi Indonesia). Dalam rangkaian OMBUS juga terdapat sesi games yang nantinya ada doorprize bagi yang beruntung. Ada juga penyampaian materi dari mahasiswa berprestasi yaitu dari Sri Rahmi (Mahasiswa Berprestasi Akademik), Raden Aby (Mahasiswa Berprestasi Organisator) dan Febriyanti Tanjung (Mahasiswa Berprestasi Wirausaha) yang tentunya banyak manfaat yang bisa kita ambil dan diterapkan dikehidupan sehari-hari, semoga bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya.



Pada bagian akhir kegiatan, ada sesi voting untuk memilih siapa yang akan menjadi Ketua Angkatan 2021. Sebelum ke voting, para calon ketua angkatan melakukan interview yang nanti nilainya akan menjadi pertimbangan untuk siapa yang layak menjadi Ketua Angkatan 2021. Kemudia, para calon ketua angkatan akan melakukan orasi melalui Zoom Meeting untuk meyakinkan bahwa dialah yang pantas menjadi Ketua Angkatan 2021. Yang terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua Angkatan Jurusan Akuntansi 2021 adalah Lutfi Maulana dan Resha Fauziah Hilmi.

OMBUS adalah kegiatan pertama bagi mahasiwa baru, harapannya mahasiwa baru dapat mengabil banyak pengetahuan tentang perjalanan baru di dunia perkuliahan. Tentunya mahasiswa harus membuang hal-hal atau kebiasaan buruk selama dulu masih dibangku sekolah dan akan melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih positif supaya nantinya bisa menjadi Agent Of Change bagi Negara, dimulai dari perubahan dirinya sendiri.

FAMILIARITY ZONE

Familiarity Zone merupakan kegiatan yang dibuat oleh BE-HIMATANSI dengan tujuan sebagai ajang tali silaturahmi sesama warga akuntansi dan lebih mengenal lagi jurusan akuntansi sekaligus untuk menyambut mahasiswa baru pada awal perkuliahannya. Tema yang diambil adalah ”Futuristic” dengan tagline ‘Spirit For The Next Level’. Alasan memilih tema tersebut karena, Futuristik sendiri berarti hubungan dengan masa depan. Dimana acara Familiarity Zone merupakan kegiatan untuk menyambut mahasiswa baru dan juga menjadi ajang bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan menata masa depannya di dunia perkuliahan. Maka dari itu, dipilih tema Futuristik dengan harapan mahasiswa baru memiliki hubungan yang lebih dengan masa depannya di dunia perkuliahan.

Pada kegiatan Familiarity Zone, setiap kelas akan diberi challenge tentang kebersamaan. Meskipun mahasiswa baru belum mengenal lebih jauh satu sama lain, tetapi ini menjadi suatu kesempatan untuk bisa saling mengenal satu sama lainnya. Vidio challenge dimenangkan oleh kelas E 2021.

Rangkaian acara Familiarity Zone ini dimulai dari opening ceremony dan dilanjut dengan pengenalan komunitas dan pemaparan jaket akuntansi. Komunitas yang ada di jurusan akuntansi diantaranya ada Komunitas Entrepreneur, Komunitas Gradasi, Komunitas HTAC dan Komunitas Cakra. Pada acara Familiarity Zone ini terdapat sharing session bersama alumni, dimana sharing session ini bertujuan supaya mahasiswa baru bisa lebih mengenal bagaimana kehidupan di dunia perkuliahan dari pengalaman-pengalaman yang disampaikan oleh alumni. Ini akan membuka pemikiran kita karna untuk menjadi mahasiswa tidaklah mudah. Kita harus bisa konsisten terhadap tanggung jawab yang kita pegang, terutama kita harus bisa mengalahkan kebiasan buruk. Banyak hal yang didapatkan dalam sharing session ini, seperti bagaimana selayaknya kita hidup sebagai mahasiswa, bagaimana kita bisa produktif tetapi nilai IPK tetap bagus dan bagaimana rencana kita kedepannya ketika sudah lulus menjadi sarjana.      Mahasiswa merupakan tingakatan lebih tinggi dari siswa, “Maha” yang artinya tinggi. Mahasiswa dipandang sebagai Agent Of Change oleh masyarakat karena mahasiswa diharapkan mampu melahirkan solusi atas permasalahan dan menjadi problem solving bagi masyarakatnya.

HASC (Himatansi Art and Sport Competition)

HASC merupakan event yang berhubungan dengan seni dan olahraga. HASC 2021 ini mengusut tema “Abyakta” yang diambil dari bahasa sangsekerta yang artinya berkembang. Abyakta dalam tema ini sendiri memiliki makna agar kita semua dapat terus berusaha agar bisa mengembangkan diri dalam aspek apapun walau dalam keadaan pandemi seperti ini. Tagline yang diambil yaitu “Be Creative For A Better Future”, maknanya kita sebagai generasi penerus bangsa harus menjadi orang-orang yang kreatif dan inovatif agar bisa berguna untuk lingkungan sekitar, nusa dan bangsa.

HASC tahun ini mengambil konten acara E-Sport Competition Turnament Mobile Legend dan Art Competition Lomba Band Akustik yang dibuka secara umum. Acara ini diadakan pada tanggal 18,19 dan 22 September 2021 karena untuk Tournament Mobile Legend itu membutuhkan waktu tidak cukup sehari.

Pembukaan acara HASC dilaksaakan pada hari Sabtu tanggal 18 September 2021. Dimulai dari opening ceremony dan dilanjut dengan penayangan vidio Art Competition yang diikuti oleh 11 tim band akustik dan langsung diumumkan pemenangnya yaitu tim Madhuswara dengan menyanyikan lagu Kangen. Untuk pertandingan E-Sport Mobile Legend, sebelumnya melakukan technical meeting untuk pengundian pertandingan. E-Sport Mobile Legend diikuti oleh 16 tim yang diantaranya terdapat dari mahasiswa akuntansi dan umum. Hari terakhir HASC pada tanggal 22 September 2021 yang hanya memainkan 3 pertandingan yaitu semi final dan final. Pemenang juara pertama untuk E-Sport Competition Mobile Legend yaitu tim TRC (Terra Crocodilli) dan juara 2 dimenangkan oleh NEVER GIVE UP.

Kegiatan HASC 2021 berjalan dengan lancar meskipun dilaksanakan secara online, karena biasanya untuk pertandingan games seperti ini dilaksanakan secara offline. Tetapi, kita bisa mengambil esensi dari kegiatan itu sendiri. Dimana dilihat dari tema HASC 2021 ini ‘abyakta’ yang artinya berkembang, maka diharapkan kita semua bisa terus aktif dan produktif meskipun dalam kondisi online karna pandemi seperti ini. Art Competition dan E-Sport Competition ini diikuti dengan peserta lebih dari 2 orang didalam timnya. Setiap tim harus bisa bekerja sama satu sama lainnya supaya bisa mendapatkan apa yang menjadi tujuan utama. Didalam suatu tim pasti terdapat beberapa gagasan, ide, pikiran, yang bisa menjadi suatu perbedaan. Disanalah kita bisa belajar menerima pendapat orang lain, berdemokrasi, berpikir positif dan kritis. Tidak mudah untuk bisa membangun suatu tim yang kompak apalagi dengan beberapa perbedaan. Hal-hal tersebutlah yang bisa kita ambil manfaatnya dalam kegiatan HASC 2021 ini, diharapkan semuanya dapat mengambil manfaat yang positif sehingga bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari.

COMING SOON EVENT

ARSHIP (All About Entrepreneurship)

ARSHIP (All About Entrepreneurship) merupakan suatu acara berupa webinar yang berkaitan dengan kewirausahaan. Dalam ARSHIP 2021 ini mengusut tema ‘Membangun Mental Wirausahawan Muda Yang Kreatif Dan Inovatif Dengan Semangat Baru Di Era Pandemi’ dengan narasumber yaitu Putri Uti peserta Master Chef Indonesia Season 8 dan owner of 9bersodaracoffee and putriutibakery. Acara ini diselenggarakan pada hari Minggu 26 September 2021 jam 08.30 melalui live Zoom Meeting. Acara ini dibuka untuk umum, jadi semua orang bisa mengikuti webinar ARSHIP ini. Di masa pandemi seperti ini, banyak wirausahawan yang mengalami kerugian bahkan sampai kegagalan yang mengakibatkan usahanya tersebut gulung tikar. hal tersebut bisa menggoyangkan mentalnya bahkan sampai tidak mau mencoba kembali. Oleh kaena itu, diperlukan edukasi kepada mereka bagaimana cara membangun mental wirausahawan yang memiliki kreativitas dan inovasi agar bisa melihat peluang dan pengembangannya menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan ini merupakan langkah positif untuk mengubah paradigma tersebut dan diharapkan dapat memotivasi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya dalam upaya menciptakan mental wirausaha yang memiliki kreativitas dan inovasi. Kegiatan ini dapat menggerakkan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk mencontoh para pengusaha yang telah terjun dan berhasil dalam membangun kariernya melalui dunia wirausaha, dan diharapkan mampu mencetak wirausaha-wirausaha baru yang membuka lapangan pekerjaan sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membantu usaha pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

Setiap kegiatan atau event yang diselenggaran tentunya memiliki manfaat positif yang bisa kita diambil. Mendapat pengetahuan, pengalaman atau relasi. Tentunya kita sebagai mahasiswa berperan aktif dan ikut serta berpatisipasi dalam setiap kegiatannya. Mahasiswa yang aktif memang bukan dilihat dari banyaknya dia mengikuti acara, tetapi dengan partisipasi tersebut membuktikan bahwa kalian bisa satu langkah lebih maju dibanding dengan teman-teman yang tidak berpartisipasi sama sekali. Satu langkah lebih maju untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bukan hanya dari mata kuliah yang diberikan di kelas.

Mengubah kebiasaan buruk emang tidak bisa secara instan, perlu waktu hingga terbiasa. Menjadi mahasiswa harus bisa menjadi pembawa perubahan ke arah yang positif, hal kecil seperti mengajak teman-teman untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh jurusan atau kampus. Mahasiswa sebagai agen perubahan adalah yang mempunyai kesadaran jiwa, peka, peduli, dan punya imajinasi akan kehidupan yang lebih baik. Upaya untuk membuat perubahan inilah yang perlu diperjuangkan. Perubahan tidak bisa terjadi begitu saja. Diperlukan gerakan dan terus-menerus untuk mengubah kondisi sekarang. Perubahan menuju ke arah yang lebih baik dan akan memberikan manfaat serta menjadi pengontrol untuk dirinya sendiri, orang tua, teman-teman, orang-orang di sekitarnya dan untuk negara. Maka dari itu, sebelum menjadi pembawa perubahan kepada orang lain, kita harus bisa mengubah diri kita sendiri, dari mulai membuang kebiasaan buruk atau bermalas-malasan. Ketika kita bisa mengubah diri kita, kita bisa mengimplementasikannya ke lingkungan sekitar, contonya seperti mengajak teman mengikuti webinar yang tentunya akan mendapat ilmu yang bermanfaat, berdiskusi dengan teman baik itu mengenai mata kuliah atau yang lainnya. Perubahaan tersebut harus nyata adanya dan membawa perubahan yang signifikan.

Bagaimana banyak manfaat yang kita ambil dari ruang bacaan Himatansi In Digital edisi tema kali ini kan ? disini, kami akan selalu memberikan informasi-informasi yang penting dan juga bermanfaat bagi pembaca. Saran dan masukan kami terima untuk Himatansi In Digital agar menjadi lebih maju dan menarik untuk dibaca di era digital ini. Salam hangat untuk semua, tunggu terbitan Himatansi In Digital selanjutnya dengan edisi yang berbeda. Salam Akuntansi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of