Salam Akuntansi

Berjumpa kembali dengan kami dari Kompartemen Media Informasi di Himatansi In Digital edisi ketiga.

Bagaimana kabarnya setelah Ujian Akhir Semester Genap kemarin? Semoga kabarnya baik-baik semua ya, dan semoga apa yang sudah kita maksimalkan untuk menghadapi Ujian Akhir Semester kemarin membuahkan hasil yang sesuai. Untuk mengisi waktu kosong Setelah UAS, baiknya kita gunakan dengan hal-hal yang bermanfaat, salah satunya yaitu membaca Himatansi In Digital.

Dalam edisi ketiga ini, Himatansi In Digital akan menerbitkan tema yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya Himatansi In Digital ini berisi tentang puisi, artikel atau bahkan kutipan, namun kali ini berbeda. Konsep yang kita usung di Himatansi In Digital kali ini yaitu berupa cerita-cerita dari mahasiswa akuntansi selama menjadi anak kuliahan. Tema kali ini adalah “CELAH (Cerita Anak Kuliah)”, dimana mahasiwa akuntansi bisa menceritakan pengalamannya selama menjadi anak kuliahan, baik itu pengalaman pertemanan, percintaan atau ha)l lainnya yang pernah terjadi di kampus. Disini kami memberikan ruang bacaan bagi teman-teman yang memiliki pengalaman yang mungkin tidak akan pernah terlupakan selama menjadi anak kuliah. Secara tidak sadar, semoga pegalaman tersebut bisa menjadi bermanfaat untuk semuanya.

Selamat membaca

REVIEW EVENT

Pada hari senin tanggal 14 Juni 2021, BE-HIMATANSI mengadakan event yaitu Company Orientation. Pada event kali ini mengusut tema “ Membangun Profesionalisme Akuntan Dalam Mewujudkan Tata Kelola Keuangan Daerah Yang Berkualitas ”. Tujuan diadakannya kegiatan ini diantaranya meningkatkan pengetahuan sebagai upaya mempersiapkan diri untuk membangun profesionalisme akuntan dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang berkualitas serta terciptanya mahasiswa kritis, dinamis dan terampil serta berwawasan luas juga objektif dalam menghadapi permasalahan. Sasaran dari event Company Orientation ini adalah Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Siliwangi khususnya angkatan 2018 konsentrasi ASP, 2019 dan 2020. Kegiatan event kali ini masih diadakan secara online karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Acara ini berlangsung dari jam 08.00 sampai 11.30 WIB.

Dalam kegiatan event ini, ada beberapa materi yang disampaikan oleh pemateri yang bernama Dr. H. Kurniawan, S.E., M.Si., Ak., CA., ACPA., CRBC. sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis. Namun sungguh disayangkan ketika hari H, bapa Kurniawan tidak bisa hadir karna suatu hal dan diganti oleh  Mohammad Toha, S.Kom, M.Si dan Risnandar, S.IP yang membahas mengenai akuntansi sektor pemerintah secara umum, menjelaskan mengenai BPKD secara keseluruhan, membahas bagaimana tata kelola kauangan daerah yang baik dan secara online/digital, membahas etika dari seorang akuntan dan membahas profesi akutansi di bidang sektor pemerintahan.

Seperti biasa, event ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Dilanjut dengan sambutan-sambutan dari Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Siliwangi, Ketua Umum BE-HIMATANSI dan Ketua BEM Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universtas Siliwangi. Dan masuk ke acara inti yaitu pemaparan materi yang di moderatori oleh dosen akuntansi yaitu Ibu Ulfa Luthfia Nanda, S.E., M.S.Ak.

Pada bagian akhir acara, diadakan sesi tanya jawab oleh peserta salah satunya yaitu Muhammad Rizky Lesmana dari 2019 dan Sahlah Siti Nabilah dari 2020.

Dengan diadakannya event Company Orientation, diharapkan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Siliwangi dapat mengambil banyak manfaat dari acara ini, mengenai gambaran tentang persiapan diri untuk membangun profesionalisme akuntan dalam mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang berkualitas.

Tidak terasa semester genap sudah selesai ya, saatnya mempersiapkan diri lebih matang lagi untuk semester depan. Berbicara tentang pergantian tahun pelajaran, mungkin semua orang berpikir bahwa tahun pelajaran ini terasa sangat singkat bukan, ya karena dilakukan pembelajaran secara online. Perbedaan yang cukup signifikan antara kuliah online dengan kuliah offline. Jelas akan lebih seru jika kuliah diadakan secara offline, karena kita akan benar-benar merasakan suasana menjadi anak kuliahan, ditambah lagi untuk orang-orang yang merantau yang menjadi anak kosan, pasti akan ada pengalaman-pengalaman baru tiap harinya.

Di edisi ketiga Himatansi In Digital ini mengusut tema “CELAH- Cerita Anak Kuliah”. Dimana mahasiswa bisa bercerita-cerita tentang pengalamannya selama menjadi anak kuliahan, tentunya tiap orang akan memiliki cerita menarik yang bisa dilihat oleh orang lain. Kami juga tidak memaksa untuk menggunakan identitas asli jika ingin bercerita bebas. Kita sudah mengalami hampir sekitar 1 tahun lebih kuliah online, pasti banyak sekali hal-hal yang dirindukan menjadi anak kuliah ketika offline. Nah kita ingin lihat nih, hal-hal apa saja sih yang mahasiswa rindukan ketika kuliah offline.

Wah ternyata banyak ya hal-hal yang dirindukan ketika kuliah offline, sampai-sampai ada yang rindu kabur ketika ada event, apalagi yang suka tipsen (titip absen) ketika kuliah. Meskipun begitu, hal tersebut sangat tidak patut dicontoh ya untuk teman-teman semua.

Memang betul, kisah pertemanan di dunia sekolah dengan dunia perkuliahan sangat berbeda. Mungkin yang menjadi perbedaannya ketika kita menjadi anak sekolah, kita akan setiap hari bertemu dengan teman-teman sekelas bahkan sampai 3 tahun dari pagi sampai sore, dengan begitu sangat terasa bagaimana menjalin pertemanan dengan yang lain. Berbeda dengan perkuliahan, walaupun kita satu kelas tetapi belum tentu kita bisa bertemu setiap harinya, apalagi jika mengambil jam mata kuliah yang berbeda. Di perkuliahan kita akan diajarkan menjadi pribadi yang lebih mandiri. Bagaimanapun keadaannya, manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Teman-teman yang lain pasti memiliki kesibukannya masing-masing, kita hanya bisa memahami dengan kondisi tersebut. Apalagi ketika nanti mendekati semester akhir kemudian menghadapi skripsi, kita pasti sangat membutuhkan support dari teman-teman sekitar.

Sangat terasa sekali ya antusias mahasiswa jika semester depan diadakan secara offline, pasti akan seru sekali. Yang setiap hari duduk di rumah mengahadap ke laptop, tidak ada teman lawan bicara, itu cukup membosankan. Banyak keseruan yang tidak kalah menariknya dibanding dengan masa-masa sekolah.

Dari sebagian mahasiswa yang sudah menceritakan pengalamannya menjadi anak kuliahan, terlihat sekali kerinduan terhadap kuliah offline, apalagi untuk mahasiswa angkatan 2020 yang belum pernah merasakan kuliah offline. Sangat terasa lelah jika perkuliahan diadakan secara online terus-menerus. Walaupun hanya duduk di rumah, mendengarkan penjelasan dosen yang terkadang tidak ada interaksi didalamnya. Kita hanya bisa berdoa supaya wabah pandemi Covid-19 ini cepat selesai dan kita semua bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dalam keadaan sehat wal’afiat.

Bagaimana accounting peeps dengan cerita dari teman-teman mahasiswa akuntansi? mungkin dari kalian ada beberapa cerita yang sama. Semoga dengan berbagi cerita, kita bisa mengurangi rasa rindu terhadap hal-hal seru yang sering dilakukan ketika menjadi anak kuliah. Nantikan kembali Himatansi In Digital dengan edisi yang tidak kalah serunya. Saran dan masukan kami terima untuk Himatansi In Digital agar menjadi lebih maju dan menarik untuk dibaca di era digital ini.

Stay safe, stay healty.

Terimakasih

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of