Salam Akuntansi 

Apa kabar semuanya ? semoga sehat-sehat ya!

Berjumpa kembali dengan kami dari Kompartemen Media Informasi di Himatansi In Digital edisi kedua. 

Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri, bagaimana puasanya kemarin lancarkan? Sebelumnya, kami keluarga besar Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Akuntansi (BE-HIMATANSI) periode 2021 mengucapkan Minalaidzin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir Batin. Semoga apa yang telah kita perbuat selama bulan Ramadan diterima oleh Alloh SWT. aamiin.

Dalam edisi kedua ini, Himatansi In Digital akan menerbitkan tema yang baru dengan mengusut tema  “SHARING IS CARING”. Sesuai dengan temanya “SHARING IS CARING” yang artinya berbagi adalah peduli. Penulis sengaja menggunakan tema ini karena kita sebagai makhluk sosial ditakdirkan untuk saling membantu, melengkapi satu sama lainnya. Disini kami memberikan ruang bacaan terhadap teman-teman diluar sana untuk bisa berbagi dengan sesama mahkluk hidup. Secara tidak sadar, kami sering memberikan informasi terhadap teman-teman karena itu juga salah satu bentuk peduli kami terhadap teman-teman agar memiliki ruang bacaan secara online.

Selamat membaca. 

Berbagi adalah salah satu bentuk perhatian. Sebagai makhluk sosial, manusia  ditakdirkan untuk saling melengkapi satu sama lain. Saling membantu jika ada yang membutuhkan. Banyak orang yang sudah tahu manfaat  berbagi itu sangat baik karena membawa berkah dan bisa membuat jiwa menjadi tenteram dan damai.

Berbagi itu hal sederhana yang sulit untuk dilakukan. Berbagi tak harus melulu dengan materi, dengan uang dengan sesuatu yang berbentuk nyata. Berbagi bisa dilakukan dengan memberikan motivasi. Saling berbagi motivasi. Ada kalanya dalam hidup kita mengalami dinamika yang naik turun. Ada yang hari ini bahagia, besok bersedih. Ada yang hari ini bersedih, esoknya tertawa bahagia. Ada orang diluar sana yang mungkin juga hidup tak seberuntung kita hari ini. Senyuman. Sekalilagi, berbagi tidak melulu harus materi. Dengan tersenyum kita bisa berbagi kebahagian dengan orang lain, mereka yang mungkin sedang membutuhkan sebuah senyuman saat ini.

Melakukan hal kebaikan juga tidak mengenal kata siapa, baik yang muda ataupun yang tua. Baik yang kenal ataupun tidak. Berbagi dengan orang lain akan membawa kebaikan untuk kedepannya. Kenapa ? karena tidak ada yang bisa dipungkiri bahwa hukum timbal balik pasti berlaku dalam hidup. Jika saat ini kita membantu orang lain, maka yakinlah bahwa orang tersebut akan membantu kita jika sedang kesusahan. 

Maka dari itu jangan letih untuk membantu antar sesama. Percayalah bahwa pada saat dirimu susah nanti, orang-orang pasti akan membantumu balik. Tak ada yang tidak mungkin di dunia ini selagi masih ada aksi yang nyata. Oleh karena itu, teruslah berbuat baik agar suatu saat kebaikan bisa menaungi dirimu.

REVIEW EVENT

Selama bulan Ramadan kemarin, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HIMATANSI) mengadakan event yang diselenggarakan oleh Kompartemen Sosial dan Rohani dibawah naungan BE-HIMATANSI yang acara ini hanya dilakukan pada bulan Ramadan saja, acara ini adalah Favorable Ramadan 2021. Kami menyelenggarakan acara ini secara online atau virtual. Walaupun kondisinya masih seperti ini, tetapi tidak mengurasi antusias dari mahasiswa jurusan akuntansi ataupun peserta umum.

Tema yang diambil Favorable Ramadan 2021 ini adalah “Bulan Ramadan Penuh Kebaikan” yang memiliki makna Ramadan adalah bulan berkah, karena dibulan Ramadan ini Alloh memberi pahala yang berlipat ganda bagi seorang muslim yang senantiasa beribadah, beramal baik, dan masih banyak keberkahan yang didapatakan dibulan Ramadan baik di dunia ataupun akhirat. Tagline yang diambil untuk acara ini yakni “Mengabdi, Memberi, Menginspirasi”. Adapun tujuan dari kegiatan acara Favorable Ramadan 2021 adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT. 

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 2 dan 4 Mei 2021 dengan rangkaian kegiatannya ada Learn Quran, Ramadan Competition, Tabligh Akbar beserta Ngabuburit Baksos (Bakti Sosial). Acara Favorable Ramadan 2021 sangat berbeda dengan Favorable Ramadan tahun sebelumnya, karena kegiatannya dilaksanakan secara online untuk pertama kalinya. Terutama bulan Ramadan ini identik dengan ngabuburit sore, buka bersama, bagi-bagi takjil yang biasanya dilakukan secara offline. Jika dilaksanakan secara online tentu yang sering menjadi kendala adalah jaringan internet, kemudian adanya kebijakan pemerintah terkait larangan mudik dan penyekatan wilayah yang mengakibatkan sebagian panitia tidak bisa bertugas secara offline. Dan untuk sebagian panitia yang melakukannya secara offline pun, tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan guna untuk mencegah penularan virus Covid-19.

“Alhamdulillah kendala tersebut dapat diatasi dengan baik dan solusi untuk kedepannya yaitu persiapan acara lebih matang lagi supaya jika ada kendala dapat diatasi dan atau diminimalisir” ucap Dimas Alfrian Santana sebagai ketua pelaksana Favorable Ramadan 2021.

  • LEARN QURAN

Learn Quran menjadi salah satu rangkaian dari Favorable Ramadan yang diselenggaran pada tanggal 2 Mei 2021. Acara ini berlangsung dari jam 07.30 sampai dengan jam 11.30 melaui zoom cloud meetings. Acara ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para mahasiswa akuntansi dalam mempelajari lebih dalam mengenain Al Qur’an. Dengan mengangkat tema “Memaknai Bulan Ramadan Sebagai Bulan Kebaikan” yang diambil dari makna bulan ramadan dan tema Favorable Ramadan 2021, diharapkan para mahasiswa akuntansi yang mengikuti acara Learn Quran dapat memaknai bulan ramadan sebagai bulan yang penuh rahmat. Learn Quran diikuti oleh hampir 200 orang mahasiswa akuntansi dari berbagai angkatan mahasiswa aktif. Di dalam acara Learn Quran ini dibahas mengenai tata cara membaca Al-Quran, tajwid, pelafalan atau makhorijul huruf yang benar, makna mengenai ayat Al-Quran dan masih banyak pembahasan yang menarik lainnya. Hal ini menjadi penting bagi kita seorang muslim. Membaca Al Quran tidak boleh sembarangan, harus dengan tartil yang benar. Banyak orang yang membaca Al-Quran, tetapi Al-Quran melaknatnya. Ini terjadi karena tidak mengetahui dan tidak menjalankan kaidah dan adab-adabnya. Para ulama menjelaskan bahwa membaca Al-Quran huruf demi huruf akan menaikkan derajat pembacanya setingkat demi setingkat, sehingga itu pula nanti derajatnya di surga. Orang yang terpandai dalam Al-Qur’an, dialah yang tertinggi derajatnya. Derajat pembaca Al-Qur’an akan meningkat sesuai dengan tingkat pemahaman bacaannya. Apalagi, di bulan Ramadan ini semua pahala akan dilipat gandakan. Maka dari itu, acara ini dibuat supaya kita seorang muslim dapat memahami adab-adab ketika membaca Al-Quran.

  • RAMADAN COMPETITION

Ramadan Competition adalah salah satu rangakaian acara Favorable Ramadan 2021 dimana dalam acara ini mahasiswa aktif jurusan akuntansi dapat berpartisipasi secara langsung melalui media online. Tujuan diadakan acara ini adalah untuk memberikan wadah dan kesempatan kepada mahasiswa jurusan akuntansi dalam mengembangkan minat dan bakatnya walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang diharapkan dengan adanya acara ini dapat menyalurkan minat dan bakat mahasiswa jurusan akuntansi.

Perlombaan yang diadakan dalam Favorable Ramadan 2021 yaitu ada lomba ceramah online dengan mengangkat tema “Memaknai Bulan Ramadan Sebagai Bulan Yang Penuh Kebaikan”. Perlombaan ceramah online ini diikuti hanya oleh mahasiswa akuntansi angkatan 2019 dan angkatan 2020 saja. Pada saat peserta selesai ceramah, peserta akan diberi sebuah pertanyaan oleh juri. Ini menjadi nilai tambah jika jawabannya bisa sesuai. Lomba Ceramah Online ini dimenangkan oleh Sri Rahmi Nuraini yang merupakan mahasiswa akuntansi angakatan 2019.

Selain itu ada juga perlomabaan OOTD Ramadan Challenge dengan mengambil tema “Stay at home Stay have fun on Ramadan”, tema ini diambil karena melihat kondisi ditengah pandemi yang sulit tapi tidak meyurutkan kreatifitas para mahasiswa untuk tetap berinovasi. Perlombaan ini dapat diikuti oleh seluruh angkatan mahasiswa akuntansi aktif dengan mengunggah foto terbaiknya di sosial media instagram. Perlombaan ini dimenangkan oleh Dani Hamdani yang merupakan mahasiswa akuntansi angkatan 2020.

  • TABLIGH AKBAR

Tabligh Akbar merupakan salah satu rangkaian akhir dari event Favorable Ramadan yang di dalamnya berisi kajian islami, sesi tanya jawab, dan game kuis. Peserta yang mengikuti acara ini adalah mahasiswa akuntansi, mahasiswa umum, dan masyarakat umum. Tabligh Akbar ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings pada tanggal 4 Mei 2021. Tema yang diambil yaitu “Meraih Cinta-nya Dalam Dekapan Ramadan”. Alasan mengambil tema tersebut yaitu dengan harapan dapat memberikan kesempatan terutama bagi mahasiswa jurusan Akuntansi untuk memperbaiki, mengembangkan, meningkatkan, dan melatih kualitas diri tentunya iman taqwa kepada Allah SWT untuk meraih cinta-Nya pada bulan suci Ramadan. Tidak hanya ada kajian islami saja, tetapi ditengah acara ada sesi kuis juga dengan hadiah yang menarik. Hal ini dilakukan supaya para peserta tidak jenuh dan ada rasa semangat. 

  • OPEN DONASI DAN NGABUBURIT BAKSOS

Open donasi dan ngabuburit baksos ini kegiatannya berupa pengumpulan donasi dan donasi tersebut akan diberikan kepada orang yang membutuhkan atau panti asuhan. Pada acara Favorable Ramadan 2021 ini, kami membuka open donasi untuk umum jadi tidak hanya mahasiswa jurusan akuntansi saja. Donasi yang kami kumpulkan ada dalam bentuk barang seperti tas, sepatu, buku, ataupun ada dalam bentuk nominal uang. Harapan diadakannya kegiatan seperti ini adalah mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas apa yang kita miliki sekarang. 

Dengan terlaksananya acara Favorable Ramadan 2021 ini, banyak ilmu dan pelajaran yang kita dapatkan. Dalam setiap rangkaiannya pun, pasti selalu ada hikmah dibalik itu semua. Semoga kebaikan-kebaikan yang kita perbuat akan dicatat sebagai amalan baik untuk bekal di akhirat. 

Berbagi, kalimat yang simple namun banyak makna. Tanpa kita sadari, dengan berbagi mengajarkan kita untuk tetap bersyukur terhadap yang Maha Kuasa. Karena semua yang kita miliki sekarang, sejatinya hanya titipan bukan milik kita. Terkadang kita suka lupa diri atas apa yang dimiliki kita sekarang, tanpa melihat kondisi disekitar kita. Kita makan enak, mereka hanya makan dari sisa makanan yang ada. Kita tidur nyenyak, mereka hanya tidur di trotoar jalan. Hal itu bisa menjadi buta. Banyak orang yang bercukupan tetapi tidak ingin membaginya kepada orang lain. Padahal, dari apa yang dia miliki itu ada hak milik orang lain. Dengan berbagi tidak akan membuat kita miskin menderita, melainkan membuka pintu-pintu rizki yang lainnya.

Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Akuntansi (BE-HIMATANSI) juga memiliki program kerja yang bernama “Aku Peduli” yang dipegang oleh Kompartemen Sosial dan Rohani (SOSRO). Program kerja ini bermaksud untuk lebih peduli terhadap sesama, lebih peka terhadap sekitar. Dengan membantu orang lain yang sedang kesusahan, maka Alloh swt. akan memberikan kita pahala yang besar. Adanya program kerja “Aku Peduli” ini mengajarkan kita manusia memiliki hati yang membuat kita merasa peduli dan iba pada orang lain juga sebagai investasi amal ibadah di hari akhir. Kegiatan ini seperti biasa dimulai dari pengumpulan open donasi, baik itu berupa barang, makanan, buku ataupun uang. Untuk pengumpulan donasi biasanya dari pengumpulan uang setiap ada rapat dari pengurus BE-HIMATANSI, kemudian melalui transfer atau langsung dikumpulkan di sekre BE-HIMATANSI. Pengumpulan donasi ini nantinya akan diberikan kepada orang yang kurang mampu atau panti asuhan. Pembukaan open donasi ini dibuka untuk masyarakat umum, jadi bukan hanya dari mahasiswa jurusan akuntansi saja. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari saling berbagi.

Bagaimana? Banyak manfaat yang kita ambil dari ruang bacaan Himatansi In Digital edisi tema kali ini kan? Disini, kami akan selalu memberikan informasi-informasi yang penting dan juga bermanfaat bagi pembaca. Ini juga menjadi salah satu bentuk dari berbagi loh. Berbagi dalam bentuk ilmu. Kami sengaja membuat ruang bacaan ini karena kami peduli kepada mahasiswa jurusan akuntansi yang belum bisa pergi ke kampus untuk sekedar membaca buku atau mengikuti setiap event yang kami jalankan secara offline karena masih dalm kondisi pandemi Covid-19. Saran dan masukan kami terima untuk Himatansi In Digital agar menjadi lebih maju dan menarik untuk dibaca di era digital ini. Sebelum penutup ada sebuah kutipan untuk kita semua. Salam hangat untuk semua, tunggu terbitan Himatansi In Digital selanjutnya dengan edisi yang berbeda. Salam Akuntansi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of