Salam Akuntansi

     Apa kabar semuanya ? Semoga tetap sehat dan baik-baik ya!

Tak kenal, maka tak sayang.

Sebelumnya perkenalkan dulu, kami dari Kompartemen Media Informasi Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (BE-HIMATANSI) akan menerbitkan sebuah mading online yaitu Himatansi In Digital.

Himatansi In Digital merupakan mading kampus yang bersifat online. Ini adalah edisi perdana Himatansi In Digital menerbitkan mading yang bersifat digital. Bahwa kita ketahui, sekarang kuliah diadakan secara online, namun kami akan berusaha supaya mahasiswa akuntansi bisa mendapatkan info atau ruang bacaan yang bisa dinikmati walaupun kuliah diadakan online.

Maka sudah selayaknyalah terlebih dahulu kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah-nya yang senantiasa Ia kucurkan demi kemajuan Himatansi bersama.

Selanjutnya, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh Pihak yang telah mendukung Himatansi In Digital sehingga mading online ini dapat selesai dengan lancar, kami sadar bahwa Himatansi In Digital ini jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami masih perlu banyak saran dan masukan agar kami bisa lebih baik kedepannya.

Himatansi In Digital sekarang mengusut tema “REAL HOPE”. Sesuai dengan temanya, yakni ‘REAL HOPE’, yang berarti harapan yang nyata. Redaksi sengaja menggunakan kata “REAL HOPE” karena banyaknya orang-orang diluar sana yang mempunyai harapan namun tertunda karena suatu hal. Disini kami memberikan suatu ruang bacaan terhadap teman-teman diluar sana agar tetap semangat dan jangan putus asa untuk menggapai harapan tersebut supaya menjadi nyata.

       Selamat membaca.

Seberapa Penting Harapan Didalam Kehidupan ?

Mengapa suatu hal berakhir buruk? Apa ada yang dapat kita lakukan untuk meraih kesuksesan di masa mendatang? Tanpa harapan, kita akan mudah kehilangan asa saat menghadapi tantangan. Pentinya sebuah harapan karena dengan sebuah harapan itu kita bisa terus mempunyai tujuan dan bisa melangkah kedepan, dengan harapan itu kita tetap akan berdiri tegak saat jatuh dan terus belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi.

Shane Lopez, penulis buku berjudul “Making Hope Happen”, menjelaskan bagaimana harapan menolong kita dalam momen-momen stres dan cemas. Melihat sisi baik dari segala sesuatu akan membantu kita merasa senang, tidak putus asa dan memiliki keadaan mental yang baik. Harapan membuat kita lebih tenang pada dasarnya , bahkan Penulis Marian Zimmer Bradley berkata, “Jalan yang dibuat di atas dasar harapan akan lebih menyenangkan dibandingkan jalan yang dibuat atas dasar keputusasaan, meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama.”

Lawan dari harapan adalah keputusasaan. Tanpa harapan akan timbul rasa takut. Harapan memang tidak selalu mengubah hasil, tapi harapan dapat menolong kita dalam proses yang kita jalani – bahkan menikmatinya. Jadi disini bisa kita simpulkan sebuah harapan itu sangat penting didalam hidup kita, dalam kondisi apapun setetes harapan perlu kita punya.

REVIEW EVENT

Berbicara tentang harapan, bulan Maret 2021 ini, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HIMATANSI) sedang merayakan Ulang Tahun Jurusan Akuntansi ke 37th. Banyak harapan-harapan untuk jurusan tercinta ini. Kami menyelenggarakan acara ini secara online atau virtual. Walaupun dengan kondisi seperti ini, kami tidak ingin memutuskan harapan mahasiswa akuntansi terhadap partisipasi dalam merayakan Dies Natalis Akuntansi 37th. Harapan-harapan dari seluruh mahasiswa akuntansi tentu saja ingin acara ini dapat terlaksana meriah secara offline. Namun walaupun begitu, kami akan tetap memberikan yang terbaik dalam perayaan Dies Natalis Akuntansi 37th secara online dengan semangat dan antusias yang tinggi.

Tema yang diambil yaitu “HOPE”, karena di situasi yang seperti ini yang tidak menentu kadang membuat kita menjadi down dan malah apa yang kita rencanakan terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Oleh karena itu dengan tema ini saya ingin mengajak teman-teman sekalian, ayo selagi kita masih punya harapan kita bisa buat melangkah maju, ayo kita bagi harapan harapan kita ke orang lain yang membutuhkan agar orang yang sudah tidak ada harapan memiliki lagi harapan untuk terus menjalani hidupnya.

”Karena harapan akan selalu hadir untuk mereka yang mempercayai perubahan” kutipan dari Anugrah Firmansyah sebagai ketua pelaksana Dies Natalis Akuntansi 37th.

Tagline nya, yaitu “To infinity and Beyond”, yang artinya menuju tak terbatas dan melampauinya, karena selagi kita memiliki sebuah harapan kita bisa menuju tak terbatas dan melampaui batasan batasan yang menghalangi kita. Dengan harapan akan tumbuh, bagi orang-orang yang mempercayai perubahan.

Banyaknya harapan-harapan yang sudah tersusun sejak lama, namun terhalang oleh suatu hal. Seharusnya halangan tersebut, tidak menjadikan kita sebagai pribadi yang mudah menyerah. Meskipun kondisinya berbeda, tetapi kita harus tetap berusaha untuk menggapai harapan-harapan tersebut dan kita mampu bisa melewati batasan-batasan yang menjadi suatu hambatan.

Acara ini dimulai dari tanggal 20-23 Maret 2021 untuk kegiatan Himatansi Game 12, 24 maret 2021 untuk kegiatan Tasyakur Bini’mah dan acara puncak pada tanggal 27 maret 2021. Salah satu kegiatan dari rangkaian acara Dies Natalis Akuntansi 37th ini sudah terlaksana dengan lancar yaitu acara Himatansi game 12 dan Tasyakur Binni’mah.

Himatansi game 12 ini merupakan salah satu bagian dari acara inti Dies Natalis Akuntansi 37th, yang didalamnya terdapat pertandingan game yaitu Mobile Legend dan Tiktok Challenge. Tema yang diambil sekarang adalah “Teamwork” atau kerjasama team dengan tagline “Together Make Us Stronger”. Alasan mengambil tema ini karena dikondisi seperti ini, sudah selayaknya kita sesama manusia saling membantu dan bekerja sama. Untuk pertandingannya sendiri memang diambil yang bersifat kerjasama team, dimana itu juga bisa mempererat silaturahmi bersama teman karena kita ketahui bahwa sudah hampir satu tahun tidak bisa kumpul bareng sama teman-teman karena terhalang suatu musibah, namun dengan begitu tidak menjadi hambatan untuk teman-teman dalam menyelesaikan suatu tujuan jika dibarengi dengan kerja sama team yang kuat.

Pertandingan Himatansi Game 12 hanya menyediakan pertandingan Mobile Legend dan Tiktok Challenge, yang dimana pertandingan tersebut bersifat kerjasama team maka mereka harus membangun kerjasama team yang kuat agar bisa mencapai suatu harapan yang diinginkan. Untuk Mobile Legend sendiri terdaftar 13 team dari angkatan yang berbeda, dan 5 team yang mengikuti Tiktok Challenge. Walaupun acara ini diadakan secara online, tetapi tidak menutup antusias mahasiswa untuk memeriahkan dalam perayakan Dies Natalis Akuntansi 37th ini.

“Untuk kegiatan Himatansi Game kemarin alhamdulillah berjalan dengan lancar, walaupun diadakan secara online. Segala kendala bisa diatasi sama-sama, dan kinerja para panitia juga sangat patut diapresiasi karena mereka menjalankannya dengan baik” kata Nauval Anuri Jibal sebagai koordinator lapangan Himatansi Game 12.

Pertandingan Mobile Legend ditayangkan secara live streaming di akun youtube Himatansi Feb Unsil. Pertandingan Mobile Legend pada hari ke 3, terlaksana lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Pada babak semi final dan final hanya berlangsung satu kali pertandingan karena pemenang di final merupakan satu team yang sama, dan dimenangkan oleh team MTK sebagai juara 1 dan 2.

Untuk pertandingan Tiktok Challenge, mahasiswa berkreasi semenarik mungkin dengan tema vidio “Ucapan Selamat Ulang Tahun Jurusan Akuntansi ke 37th” dengan penilaian edit vidio, isi konten dan like terbanyak. Ada 5 team yang masuk kriteria vidio terbaik dan di upload di feeds instagram Dies Natalis Akuntansi 37th. Namun untuk pemenang, hanya diambil 3 team dari jumlah like terbanyak. Pemenang juara pertama untuk Tiktok Challenge yaitu team Cakcak19 C-2019 dan diikuti oleh Simakunchill B-2020 dan Wacana B-2019.

“Pesan yang dapat sama sampaikan untuk para panitia, jangan mudah puas dengan apa yang kita capai dan semoga terus haus akan pengalaman yang belum tercapai. Sukses terus untuk beberapa rangkaian acara kedepannya dan tetap semangat “ tutur Nauval.

Selain acara Himatansi Game 12, acara Tasyakur Binni’mah juga sudah terlaksana dengan lancar pada hari Rabu, 24 Maret 2021 secara online dengan pemateri Ustad. Cecep Helmi Syawali, Lc. Tema yang diambil dari acara TBN ini adalah ‘Hitz Di Dunia, Asing Di Akhirat”, dimana tema ini diambil karena menjadi hitz itu tidak hanya di dunia, tetapi yang paling penting di akhirat. Hitz di dunia tidak bersifat kekal. Percuma saja jika mementingkan diri sendiri di dunia, tetapi lupa untuk mengejar akhirat.

Seperti biasa, acara dibuka oleh MC yaitu Gina Nuraeni dan Rai Cahya. Selanjutnya dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-quran yang dibacakan oleh saudara Dimas Alfrian Santana. Tidak lupa sambutan-sambutan kemudian memasuki acara inti yaitu ceramah.

Kita sebagai mahasiswa harus senantiasa ingat selalu dengan kepentingan akhirat juga. Ilmu boleh dicari, tapi harus mementingkan kepentingan akhirat juga. Jangan sampai kita mengejar dunia, tetapi lupa dengan akhiratnya. Jadilah mahasiswa yang tidak hanya pintar dan cerdas di dunia, tetapi di akhirat juga.

Selama acara berlangsung, para peserta pesertapun tampak asik dalam mendengarkan ceramah yang disampaikan. Didalam ceramahpun, kami membuka sesi tanya jawab bagi peserta yang ingin bertanya. Banyak peserta yang memberikan pertanyaan kepada ustad, namun dari panitia sendiri hanya menyediakan 3 sesi tanya jawab.

“Alhamdulillah Tasyakur Binni’mah ini berjalan dengan baik dan lancar. Walaupun tadi ketika diawal ada beberapa kendala teknis, namun panitia langsung gerak cepat sehingga acara bisa selesai sesuai dengan yang diharapkan.” Kata Rindi sebagai Stage Manager acara Tasyakur Binni’mah.

Di acara ini, kita bisa saling mengingatkan bahwa ketenaran merupakan suatu hal yang sangat di inginkan oleh siapapun bahkan rela melakukan apapun demi menjadi seorang yang banyak dikenal orang. Tetapi sering kali ketenaran yang didapatkan membuat lupa diri. Sehingga melupakan apa yang seharusnya dilakukan sebagai Hamba Allah untuk kelak nanti.

Dengan sudah terlaksananya sebagian rakaian dari Dies Natalis Akuntansi 37th, ini bukan menjadi akhir dari acara Dies Natalis Akuntansi 37th, masih ada rakaian yang masih belum terlaksana dan tidak kalah meriah dari sebelumnya.

COMING SOON EVENT

Himatansi game dan Tasyakur Binni’mah memang bagian dari rangkaian acara inti Dies Natalis Akuntansi 37th, tetapi masih ada beberapa acara inti yang tidak kalah menarik seperti hal-nya Himatansi game dan Tasyakur Binni’mah. Apa aja sih acara tersebut ?

  1. Accounting Contribution

Accounting Contribution ini salah satu acara dimana memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkontribusi meluangkan ide-idenya dalam bentuk karya tulis esai. Acara ini bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif jurusan akuntansi. Tema yang diambil kali ini adalah Peran Generasi Muda Dalam Aspek Perekonomian Saat Ini. Untuk temanya sendiri disesuaikan dengan kondisi saat ini, dimana sejak terjadinya musibah wabah Covid-19 perekonomian Indonesia kurang stabil. Kita sebagai mahasiswa ekonomi, sepatutnya memberikan ide-ide atau harapan-harapan terhadap perekonomian saat ini dan semoga bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  • 2. Accounting Sharing

Accounting sharing salah satu acara puncak Dies Natalis Akuntansi 37th. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 maret 2021 secara online. Walaupun dilaksanakan secara online, tetapi tidak mengurangi manfaat yang bisa diambil dari acara ini. Apalagi materi dan pematerinya pun sangat menarik oleh  Sherly Annavita Rahmi.

Tema dalam Accounting Sharing ini adalah Quarter Life Crisis. Quarter life crisis atau krisis seperempat abad adalah periode saat seseorang berusia 18–30 tahun merasa tidak memiliki arah, khawatir, bingung, dan galau akan ketidakpastian kehidupannya di masa mendatang. Umumnya, kekhawatiran ini meliputi masalah relasi, percintaan, karier, dan kehidupan sosial. Tidak hanya itu, orang yang mengalami Quarter Life Crisis bahkan kerap mempertanyakan eksistensinya sebagai seorang manusia. Ada juga orang yang sampai merasa bahwa dirinya tidak memiliki tujuan hidup. Maka dari itu, sesuai dengan tema Himatansi In Digital ini “REAL HOPE”, kami mengajak teman-teman untuk ikut serta dalam perayaan Dies Natalis Akuntansi 37th ini dengan mengikuti Accounting Sharing. Harapannya, dengan mengikuti Accounting Sharing ini, kita bisa memecahkan masalah-masalah yang menjadi penghambat harapan-harapan kita terhadap pandangan di masa depan. 

Itu merupakan rangkaian acara Dies Natalis Akuntansi 37th yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan. Meski secara online, Banyaknya harapan-harapan dari orang-orang sekitar agar acara Dies Natalis Akuntansi 37th ini berjalan dengan lancar walaupun dengan kondisi yang berbeda.

Sulit sekali mengadakan acara offline disaat kondisi seperti ini. Banyak ekspektasi yang diluar harapan, terutama untuk para panitia. Membangun konsep dengan kondisi saat ini, memang tidak mudah, apalagi jika dipikirkan oleh satu kepala. Disini kita bekerja sama, demi menyukseskan acara yang ditunggu-tunggu oleh jurusan Akuntansi. Jika dibilang lelah, memang sangat melelahkan. Tetapi, jika dibilang menyerah, tentu tidak. Meskipun banyak hambatan yang terjadi, itu tidak menjadi penghalang dengan antusias mahasiswa akuntansi menyambut acara Dies Natalis Akuntansi. Menyerah hanya untuk orang-orang yang lemah, tetapi menggapai harapan tidak akan kalah dengan kata lelah.

Dari puisi diatas, mengajarkan kita untuk tetap terus berusaha menggapai cita-cita dan harapan yang sudah kita bangun dari dulu. Terutama mengenai kuliah online. Sangat membosankan belajar dengan sistem online. Yang biasanya sehabis kelas langsung kumpul sama teman, tetapi sekarang hanya bisa diam dirumah. Terkadang materi kuliah tidak sepenuhnya kita pahami karena sering terjadi masalah jaringan, terganggu kegiatan lain, apalagi dirumah dengan settingan yang memang bukan untuk belajar. Banyak perubahan yang terjadi setelah kuliah menjadi online. Tidak sedikit orang menjadi sedikit pemalas ketika kuliah online. Tetapi hal itu harusnya tidak menjadi penghambat kita untuk mencapai harapan-harapan di masa depan. Seperti tagline dari Dies Natalis Akuntansi 37th, bahwa kita harus bisa melampaui batasan-batasan walaupun banyaknya hambatan. Harapan akan menjadi kenyataan jika dibarengi dengan kerjasama dan saling membantu satu sama lainnya.

Sudahkah kamu cukup puas dengan ruang bacaan Himatansi In Digital ini ? tentu tidak. Masih banyak hal-hal yang menjadi kekurangan dari penerbitan Himatansi In Digital ini. Namun, kami harap mahasiswa akuntansi semua bisa mendapat banyak manfaat dari ruang baca Himatansi In Digital ini. Saran dan masukan kami terima untuk Himatansi In Digital agar menjadi lebih maju dan menarik untuk dibaca di era digital ini. Sebelum penutup ada kutipan dari salah satu mahasiswa akuntansi 2019, Hana Helmaliana Putri. Salam hangat untuk semua, tunggu terbitan Himatansi In Digital selanjutnya dengan edisi yang berbeda. Salam Akuntansi.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Ruri Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ruri
Guest
Ruri

Yeayy mantap sekali, semangat terus yaa😍😍